5 Januari 2012

Pengalaman Berjualan yang Menghasilkan Lebih dari Sepuluh Ribu Rupiah.


Berwirausaha sangatlah penting dikembangkan dalam diri kita, karena dapat membangun kepribadian individu. Kepribadian yang dimaksud yaitu tentunya kemapuan individu untuk menata diri, memperbaiki kualitas kepribadian dan cara pandang diri kita atas kehidupan yang akan dia jalani. Dalam kaitan dengan membangun kualitas jasmani maka konsep kemapanan ekonomi menjadi tolok ukur. Wirausaha yang pernah saya jalani yang dapat menghasilkan lebih dari sepuluh ribu rupiah yaitu diantaranya, pada waktu saya masih duduk dibangku sekolah dasar kelas IV. 



Pada waktu itu saya disuruh berjualan krupuk oleh orang tua saya ke tempat saya sekolah. Dan bisa dibilang pada waktu itu rumah saya sebagai Home Industry, karena semua proses itu dilakukan dirumah saya, dan saya hanya menbantu menjualkannya saja. Jadi setiap hari sebelum berangkat sekolah, saya mempersiapkan krupuk yang akan saya bawa kesekolah saya. Setiap harinya saya menbawa 10 sampai 14 pack krupuk yang masing-masing harganya seribu rupiah dan saya menjualnya ke dua sekolah. Penjualan pun kadang tidah setiap hari habis terjual, kadang ada juga sisanya. Dan sisanya itu lagi saya bawa pulang. Hasil penjualan itu kemudian saya serahkan lagi ke orangtua saya dan dari hasil itu juga orang tua saya bisa memberi uang saku dan uang tabungan setiap hari.

Kemudian setelah saya duduk di bangku SMK, wirausaha yang pernah saya jalani yaitu menjual lagu-lagu mp3 dalam bentuk kepingan CD. Mungkin juga penjualan yang saya jalani itu termasuk penjualan yang ilegal, tapi saya menjual itu sesuai dengan permintaan teman-teman saya. Jadi, ketika ada permintaan teman ingin dibuatkan lagu-lagu mp3 baru saya buatkan. Pada waktu itu saya menjual 1 keping CD mp3 dengan harga Rp 5.000,- hanya bermodal CD kosong yang seharga Rp 2.000,- dan 1 unit komputer yang saya miliki waktu itu, kemudian untuk mp3nya saya dapatkan dari teman-teman sekolah saya, dan pada waktu itu saya mengambil jurusan Informatika, jadi setiap mengerjakan tugas ada saja teman saya yang menghidupkan mp3, dan setiap hari ada saja teman yang membawa mp3 yang baru-baru. Dari sanalah saya bersama teman-teman saya saling berbagi mp3. Kemudian lagu-lagu mp3 itu saya jual di kamupung saya. Pada waktu itu teknologi dikampung saya masih kurang memadai. Jadi, dari itu banyak sekali permintaan dari teman-teman saya di kampung untuk dibuatkan lagu-lagu mp3 sesuai dengan keinginanya. Pada waktu itu penjualan lagu-lagu mp3 itu sudah mencapai puluhan keping CD.  Permintaan lagu-lagu mp3 pun semakin menurun semenjak bermunculnya Handphone yang suport dengan mp3.

Penjualan selanjutnya yaitu penjualan produk tugas akhir SMK saya. Pada waktu itu saya membuat produk CD Interaktif Belajar Bahasa Inggris. Setelah selesai ujian tugas akhir saya dan teman-teman saya lainnya wajib memasarkan produk yang sudah dibuat itu. Kemudian saya dan teman-teman mengadakan pameran tugas akhir. Pada waktu itu produk yang saya buat itu, laku terjual dengan harga Rp 35.000,-.

Kemudian, penjualan  yang pernah saya lakukan yaitu jasa pembuatan Media Pembelajaran. Pada waktu itu saya masih dalam proses progress tugas akhir juga. Kemudian dari beberapa kali saya progress, dosen saya melihat kalau saya ada potensi untuk mengerjakan sebuah project lagi. Dan pada waktu itu saya ditawarkan sebuah project pembuatan Media Pembelajaran. Selain untuk mencari pengalaman, juga untuk meningkatkan kerjasama saya dengan dosen-dosen saya. Akhirnya, tawaran project itu saya terima. Kemudian setelah ujian tugas akhir, saya lagi progress untuk project yang saya ambil itu sambil menyelesaikan kewajiban-kewajiban saya di kampus. Pada waktu itu Media Pembelajaran yang saya kerjakan yaitu Media Penmbelajaran Pangan. Kemudian dalam beberapa waktu, media pembelajaran itu pun selesai saya kerjakan, dan project itu saya kirim kepada dosen saya via e-mail dan saya pun di kirimin istilahnya uang keringat sebesar Rp 1.000.000,-. Dan ini pun menjadi awal yang baik bagi saya untuk meningkatkan kerja sama antara saya dengan dosen-dosen lainnya.

Satu bulan lalu, ketika saya mengikuti outbond di SEAMOLEC, saya juga mendapat pengalaman berwirausaha yaitu berwirausaha menjual bolpoint. Pada waktu hari pertama saya mengikuti outbond, sayaberhasil menjual 1 buah bolpoint dengan harga Rp 10.000,-, dan pada waktu hari kedua saya berhasil menjual 1 bolpoint lagi dengan harga Rp 11.000,-. Itu lah beberapa wirausaha-wirausaha yang pernah saya jalani yang menghasilkan uang lebih dari sepuluh ribu rupiah.

1 komentar:

  1. Saya termasuk dalam blog sedara apabila mencari mqklumat tentang jakarta bandung.

    Blog yang menarik dan sungguh berinfo.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar Anda....